Masa Depan Farmasi dan Peran PAFI Kabupaten Halmahera Tengah

Farmasi adalah salah satu disiplin ilmu yang berfokus pada penyediaan obat-obatan serta layanan terkait untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat. Di Indonesia, peran farmasi sangat krusial pada sistem kesehatan, mencakup pengembangan, produksi, distribusi, serta pengawasan penggunaan obat yang aman juga efektif. Artikel ini akan membahas masa depan farmasi dan peran PAFI Kabupaten Halmahera Tengah.

Masa Depan Farmasi di Indonesia

Di Indonesia masyarakat biasanya mengenal apoteker sebagai tenaga kerja kedua setelah dokter. Ini terbukti dengan anggapan masyarakat bahwa pekerjaan seorang apoteker yaitu sebagai penerjemah resep obat yang asalnya dari dokter serta sebagai penjaga apotek.

Pandangan seperti ini secara tidak langsung akan menjatuhkan peran farmasi dalam membantu memproduksi obat yang mempunyai kualitas tinggi. Bukan hanya obat yang menjadi fokus dalam dunia farmasi, namun makanan, minuman, dan kosmetik juga menjadi acuan pada dunia farmasi. Namun, sebagian besar pertimbangan dan pemilihan sebagai pengatur regulasi bukan orang farmasi.

Maka dimasa yang akan datang, dengan dilahirkannya para farmasis yang mempunyai keahlian atau skill di bidang tertentu, maka farmasi akan menjadi regulasi pada pengaturan dari semua aspek yang berhubungan dengan kesehatan.

Pelayanan kefarmasian kini sudah semakin berkembang. Berbagai tuntutan yang ada di masyarakat menjadi tantangan dalam pengembangan di dunia kefarmasian, seperti Pharmaceutical care yakni obat sampai ke tangan pasien dalam keadaan baik, efektif, dan aman disertai informasi yang jelas maka penggunaannya tepat dan mencapai kesembuhan.

Tuntutan farmasi untuk bisa berperan dalam perkembangan industri farmasi yaitu perkembangan Drug delivery system, pengembangan cara produksi juga metode kontrol kualitas. Dalam peluang bekerja, lulusan farmasi bukan hanya menjadi apoteker di apotek atau di rumah sakit sebagai tenaga kesehatan, namun juga bisa bekerja di industri farmasi, analisis di BPOM atau bisa menjadi wirausahawan.

Banyak peluang yang bisa dilakukan sebagai wirausahawan dibidang farmasi yakni bisnis obat di apotek, bisnis ekstrak/simplisia tanaman obat, bisnis pembuatan produk obat bahan alami, dan yang lainnya. Maka jaminan pekerjaan bagi para farmasis lebih terbuka luas dan kualitas dalam memproduksi obat-obatan akan semakin meningkat.

Oleh sebab itu, semangatlah bagi para farmasis muda yang akan mewujudkan mimpi sebagai seorang apoteker yang berinteligensi tinggi, yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya Indonesia.

Peran PAFI Kabupaten Halmahera Tengah

Peningkatan Kualitas SDM: PAFI Kabupaten Halmahera Tengah bertanggung jawab dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang farmasi. Melalui berbagai program pelatihan dan seminar, organisasi ini berusaha untuk memastikan bahwa para farmasis di Kabupaten Halmahera Tengah mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang up-to-date.

Pengawasan dan Pembinaan: PAFI Kabupaten Halmahera Tengah juga berperan pada mengawasi dan membina para apoteker dan tenaga teknis kefarmasian supaya mereka selalu mematuhi standar profesi dan etika yang berlaku. Ini penting untuk memastikan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat selalu berkualitas.

Pengembangan Kebijakan: PAFI Kabupaten Halmahera Tengah ikut serta dalam pengembangan kebijakan di sektor farmasi, baik di tingkat lokal maupun nasional. Dengan berpartisipasi dalam perumusan kebijakan, mereka memastikan bahwa kepentingan para farmasis di daerah terpenuhi dan suara mereka didengar.

PAFI Kabupaten Halmahera Tengah mempunyai peran yang penting dalam pengembangan sektor farmasi di daerah ini. Peran aktif dan inovatif dari PAFI Kabupaten Halmahera Tengah sangat diharapkan untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi seluruh masyarakat. Kunjungi website pafikabhalmaheratengah.org untuk informasi lebih lanjut.

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *